Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Kamis, 12 November 2009

MENGENAL KELAS / JENIS PADA JAM TANGAN




(Tulisan ini sebagian besar diambil dari arlojiku.wordpress.com)

Banyak diantara kita yg kurang paham bahwa didalam dunia per arlojian ( atau yang biasa kita sebut sebagai ‘jam tangan’) ada juga “kasta” oleh karena itu dalam tulisan kali inikita akan membahas kelas/klasifikasi jam tangan setidaknya dengan ini kita akan mengerti mana-mana jam tangan yg memiliki nilai tambah atau sekedar sebagai alat penunjuk waktu semata.

BERBAGAI JENIS JAM TANGAN

Ada beberapa jenis jam tangan yg dapat kita temukan dipasaran namun secara umum dibagi menjadi beberapa jenis yakni: Sport,fashion/dress watch,complicated/rumit atau bahkan ada yang mengumpamakan mid-end itu adalah jenis sport, low-end sama dengan dress watch (jam tangan yg dipergunakan semata-mata untuk menunjang penampilan /fashion) dan high-end yang adalah jam tangan dengan jenis yang paling top. Perlu dicatat disini adalah bahwa setiap merek pada umumnya memiliki 3 (tiga) jenis yg telah sebutkan diatas sehingga tidak bisa dibilang merek A itu identik pada jenis fashion (pada pembahasan nanti akan dikemukakan pendapat penulis mengenai merek tertentu yg adalah jenis jam tangan yg tidak masuk 3 (tiga) kategori diatas).

JAM TANGAN LOW-END

Secara umum kelas ini adalah papan bawah artinya jam tangan jenis ini nilai jual sekennya bisa jatuh lebih dari 70-80% dari harga baru, murah sekali!. Pemain dikelas ini adalah:

japan made : Alba,Guess,Nautica,Fossil,Elle,DKNY,Morgan,Bonia,Angel,Christ verra,George Claude,Alexandre Christie,swiss expedition,swiss army,Chronomaster,levi’s, (banyak lagi mungkin anda bisa mencantumkan daftarnya sendiri)

Swiss made : Gucci,Fendi,Nina Ricci,Da Vinci,Guy laroche,Charles Jourdan,Aigner,Charriol,Esprit,Swatch,Raymond Weil,(masih banyak lagi merek lainnya)

Pada bagian ini prinsipnya ialah bahwa setiap merek yg berangkat dari MAIN PRODUCT bukan jam tangan dapatlah dikategorikan pada klasifikasi fashion misal:

Gucci, Fendi,Nina Ricci,Hermes,Guess,Nautica,Levi’s,Diesel,police,marc ecko dll

mereka ini cuma punya merek selebihnya cuma akal-akalan iklan yg bombastis seolah-olah mereka adalah industriawan jam tangan kampiun (padahal cuma tukang ‘jahit’ belaka: artinya mesin beli dimana, casing bikin dimana).
Tapi ada yg lebih parah lagi ialah dengan sekedar menggunakan mesin swiss (kalau cuma begini siapa saja bisa) hanya dengan sudah mengklaim sebagai jam tangan swiss made, memakai kata ’swiss made’ menurut hemat saya tidaklah segampang hanya memasang mesin buatan swiss ( karena mesin swiss bisa dg mudah kita beli) yg jelas swiss made itu sebuah pengertian yg meliputi mesin,proses produksi,qualiti kontrol dilakukan di swiss “final inspection in swizserland”.

JAM TANGAN MEDIUM END

Pada kelas ini jam tangan dibuat tidak sekedar untuk menunjang penampilan dikarenakan jam tangan itu diciptakan untuk keperluan tertentu semisalpenunjuk zona waktu yg berbeda (GMT/Dual Time),dll.

Ciri jam tangan kelas menengah ini adalah mereka-mereka yg memang memiliki sejarah panjang sebagai industriawan jam tangan contohnya:

TAG Huer, TISSOT,MIDO,RADO,RAYMON WEIL, OMEGA,ROLEX,HAMILTON,TUDOR,BAUME et MERCIER,ORIS, BREITLING dsb.

Merek-merek yg tersebut diatas boleh menjadi acuan untuk dimiliki dikarenakan memang benar-benar swiss made disamping brand imagenya bagus (nilai jual ulangnya/sekenhen masih lumayan).
Dengan demikian apa yg dimaksudkan jam tangan paling tidak adalah merek-merek tersebut diatas (medium end) bukan low end!

JAM TANGAN HIGH END

Kalau berbicara ‘mbahnya’ jam tangan ya kelas ini, bagaimana tidak dari segi harga saja sudah bisa membuat kita ‘tegang’ kisarannya bisa ratusan juta hingga milyaran rupiah, gila bukan?! belum lagi bicara teknologi mesin yg digunakan ck..ck..ck.. ‘mak nyuus’.
jam tangan yg dapat dikategorikan pada kelas ini memiliki ciri:

case dari material abadi LM (logam mulia), mesin berkelas wahid

misal:TOURBILLON,MINUTE REAPETER & RETROGRADE

memang masih ada jenis mesin lain tapi paling tidak ketiga jenis yg saya sebutkan sudah dapat mewakili.

siapa saja yg termasuk dalam kelas ini? mereka adalah:

PATTEK PHILIPE,VACHERON CONSTANTIN,PIAGET,PARMIGIANI,FP JOURNE,BLANCPAIN,BREGUET,CORUM,AUDEMARS PIGUET,ARNOLD&son,A LANGE&son, GLASSAUTE,GRAHAM,ANTOINE PREZIUSO,DANIEL ROTH,DEWITT,DELANEAU dsb.

KESIMPULAN

Jika hendak membeli jam tangan pertama-tama yg perlu diperhatikan adalah dana yg tersedia berapa, dari dana kita baru bisa menentukan jam tangan kelas apa yg dapat kita peroleh ratusan ribu hingga jutaan adalah kelah fashion, jutaan hingga puluhan kelas medium, puluhan hingga tak terbatas merupakan jam tangan high klas! namun yg terpenting yg perlu dicatat adalah pastikan anda membeli jam tangan apapun kelasnya ditempat yg tepat (agen resmi)pastikan kwalitas yg kita beli sesuai dengan spesifikasinya,demikian halnya garansi meliputi apa saja dan yg terakhir keasliannya. Sebab seseorang dapat menilai anda siapa dari jam tangan yg anda kenakan!

8 comments:

Unknown mengatakan...

kalo jam tangan Casio masuk mana gan? :)

Unknown mengatakan...

jam tangan sport masuk yang mana ya gan?

Unknown mengatakan...

mantap

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Herman mengatakan...

Kalao SKMEI masuk mana gan?

Unknown mengatakan...

Jam kiloan loe sebut

Unknown mengatakan...

Kalo jam earnshaw masuk kelas yang mana gan

Anonim mengatakan...

gan klo pake jam tangan high end asli klo yng pake turun dari metro mini tetap kelihatan kwe..he.he..

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net